Obat Herbal Peluang Pasar Global
Siti Patayat, Menggapai Bulan
Obat
Herbal Peluang Pasar Global
Indonesia
memiliki banyak tanaman obat yang potensial sebagai bahan obat herbal. Kini, Obat
herbal mulai dilirik dan memiliki peluang pasar global. Oleh sebab itu perlu
ada peningkatan produksi dalam negeri,.
Direktur
Utama PT Phapros Tbk Iswanto (Solopos, 9 September 2014), menyatakan, “Untuk
Phapros sendiri produk obat herbal berbahan alami tradisional berhasil
menyumbang penjualan sebesar lima persen,” ujarnya seperti dikutip Antara,
Selasa (9/9/2014).
Ilustrasi obat herbal (JIBI/Solopos/Doc.)
Menurutnya,
dua produk herbal yang berkontribusi dalam penjualan Phapros yaitu Tensigard
dan X-gra. Produk tersebut mengandung tanaman herbal kumis kucing dan seledri
untuk Tensigard, sedangkan tanaman pasak bumi dipakai untuk X-gra.
“Untuk
meningkatkan penjualan, kami berencana memasarkan produk tersebut ke luar
negeri karena ternyata produk herbal banyak diminati oleh pasar asing,”
jelasnya.
Dalam
waktu dekat ini Phapros akan melakukan ekspor dua produk tersebut ke Afganistan
dan Nigeria, menurutnya dua negara tersebut sebelumnya sudah menjadi negara
tujuan ekspor PT Phapros salah satunya untuk produk Antimo.
Untuk
bahan baku dapat diperoleh dengan mudah di Indonesia, selain itu dari segi
jenis tanaman sudah mulai banyak yang mengembangkannya.
“Untuk
pengembangan ke depan memang butuh standarisasi dari produk herbal itu sendiri
karena kami harus menyesuaikan dengan standar negara tujuan,” jelasnya.
Menurutnya,
ekspor dilakukan bukan hanya untuk mendongkrak pertumbuhan industri farmasi
dalam negeri tetapi juga sebagai momentum untuk mengenalkan potensi alam
Indonesia salah satunya tanaman tradisional.
Sementara
itu Pakar Bidang Farmasi UGM Yogkakarta Prof Edi Meiyanto mengatakan untuk
memasarkan obat herbal secara luas perlu didukung oleh sejumlah pihak terutama
yang terkait dengan regulasi.
Dikatakan,
penggunaan produk herbal untuk pengobatan secara universal membutuhkan komitmen
bagi berbagai pihak karena produk tersebut berpotensi untuk meningkatkan
persaingan global apalagi akan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.
“Beberapa
pihak yang harus berkomitmen terkait produksi dan pemasaran obat herbal ini di
antaranya Pemerintah, perguruan tinggi, industri, dan lembaga riset,” jelasnya.
Post a Comment for "Obat Herbal Peluang Pasar Global"